Catatkan MURI Sedekah 79 Ribu Botol Plastik



SURABAYA, SD Muhammadiyah 4 Surabaya (Mudipat) berhasil mencatatkan rekor MURI (Musium Rekor Indonesia) sebagai sedekah botol plastik terbanyak 79.000 botol pada Sabtu (24/8/8/2024).
Penghargaan diserahkan langsung oleh Direktur marketing MURI Awan Rahargo dalam acara jalan sehat di halaman sekolah, Jalan Pucang Anom 93 Surabaya. 

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Jawa Timur,  Tamhid Masyhudi, Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Surabaya H.M Ridwan, Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Ngagel H Ahmad Zaini dan Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Kota Surabaya, Yusuf Masruh.

"Ini tercatat sebagai dengan kriteria sebagai yang terbanyak dengan penyelenggara sedekah botol plastik terbanyak oleh murid, guru dan para wali murid," ungkap Awan Rahargo sambil menyebut rekor ini tercatat dengan nomor 1.841.
Kepala Sekolah SD Muhammadiyah 4 Surabaya,  Edy Susanto mengatakan, program Sebotik (Sedekah Botol Plastik) ini dilaksanakan sejak sebulan lalu, para siswa, guru dan orang tua diminta untuk mengumpulkan botol plastik dalam keranjang yang sudah disediakan sebagai aksi peduli lingkungan.

Botol tersebut kemudian dijual ke pengepul dan hasil dari penjualan tersebut akan diberikan kepada orang yang tidak mampu. 
“Program Sebotik bertujuan untuk meminimalkan sampah plastik dengan mengajak masyarakat untuk mengumpulkan botol plastik bekas yang kemudian didaur ulang menjadi barang-barang yang berguna,” ujarnya.
Melalui aksi ini, Mudipat  mendorong kebiasaan hidup bersih dan hijau di kalangan siswa.

Edy menambahkan, Sebotik adalah salah satu bagian dari program Sekolah Sirkular, yaitu konsep pendidikan yang mengintegrasikan prinsip ekonomi sirkular ke dalam kurikulum dan kegiatan sehari-hari di sekolah. Tujuannya untuk mengajarkan siswa tentang pentingnya pengelolaan sumber daya yang berkelanjutan dan ramah lingkungan.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Yusuf Masruh mengatakan, program sebotik Mudipat ini salah satu implementasi Kurikulum Merdeka untuk kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila atau P-5.
“Program sedekah botol plastik sangat bagus dan bermanfaat. Semoga bisa untuk percontohan sekolah yang lain,” ungkapnya. (Samisri)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url