Kelurahan Bujel Kec Mojoroto Kota Kediri Peringati Upacara Hari Kemerdekaan 17 Agustus 1945 ke 79 Tahun di Lapangan Wisata Religi Makam Renggut Muko.




Kediri,- Sebagai wujud kecintaan Warga Masyarakat Indonesia tanggal (17/8)  Warga Masyarakat Bujel RW 02 Adakan Upacara Bendera Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 79, Sinergi masyarakat kelurahan Bujel sangat kompak mengikuti Upacara bendera pagi hari itu, Kesadaran Warga masyarakat akan pentingnya mengenang perjuangan para pahlawan dan pejuang Bangsa di wujudkan dalam kegiatan kegiatan kemerdekaan dengan menggelar malam Tasyakuran dengan di lanjutkan kegiatan Upacara Bendera Kemerdekaan Indonesia ke 79.

Tidak hanya itu euforia peringatan kemerdekaan menyala di Kelurahan Bujel khususnya RW 02 Kelurahan Bujel Kota Kediri,Berbagai perlombaan khas yang menarik, Kirab Budaya disertai dengan nuansa sukacita, digelar sebagai bagian dari perayaan kemerdekaan RI.


Sabtu 17 Agustus 2024 ini menjadi penanda usia kemerdekaan Indonesia yang telah mencapai 79 tahun. Upacara di peringati di Lapangan wisata Religi Mbah Renggut Muko yang ada di Kelurahan Bujel Kec.Mojoroto Kota Kediri, Hal ini menjadi momentum penting merefleksikan kembali bagaimana kemerdekaan itu dipahami dan diterjemahkan dalam konteks masa kini.serta menggugah generasi penerus bangsa agar semakin semangat ikut andil dalam perjuangan Bangsa.

Kegembiraan ini tidak hanya mencerminkan kebanggaan dan cinta terhadap tanah air, Tetapi juga sebagai bentuk pedulinya masyarakat Kediri terhadap Bangsa,Namun  demikian peringatan proklamasi kemerdekaan tidak boleh berhenti pada hal-hal yang sifatnya seremonial.
Momentum Upacara Bendera ini di ikuti oleh seluruh warga RW 02 Kelurahan Bujel kec.mojoroto Kota Kediri, yang di pimpin oleh Bambang sebagai Komandan  dan Agus Widodo Ketua LPMK Kelurahan Bujel sebagai inspektur Upacara dan di bantu oleh Mahasiswa dari Fakultas IAIN Kota Kediri yang magang di Balai Kelurahan Bujel sebagai Petugas Upacara dan petugas pengibar Bendera Merah Putih. 

Upacara berjalan dengan Hikmat, Masyarakat semakin sadar bahwa Kemerdekaan adalah upaya untuk menghapuskan belenggu penjajahan yang diterapkan oleh kekuatan asing. Hal itu ditegaskan dalam Pembukaan UUD 1945: “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan peri keadilan.” Pernyataan ini menunjukkan bahwa kemerdekaan berarti pembebasan dari segala bentuk penjajahan, baik fisik maupun politik.

Inspektur upacara dalam sambutannya menghimbau pada masyarakat kelurahan Bujel melalui Tokoh masyarakat Ketua RT dan RW agar selalu memberikan support  kepada  masyarakat dan generasi penerus untuk tetap semangat agar dapat melaksanakan kegiatan secara continue.

Saat di Temui awak media Nuswantoro pos stelah Upacara selesai Agus Widodo  mengatakan "Upacara peringatan di RW 02 Kelurahan Bujel ini sudah berjalan ke 4 kalinya.Semoga di tahun - tahun berikutnya masyarakat Kelurahan Bujel semakin semangat untuk mengikuti Upacara serta kegiatan kegiatan RW 02 setiap Tahunnya". Katanya 

"Kami sangat berterimakasih kepada seluruh masyarakat Bujel yang hadir dalam upacara bendera ini,Harapan kami warga masyarakat juga terutama Karang Taruna kelurahan Bujel semoga di Tahun depan bisa ikut memeriahkan agenda peringatan Kemerdekaan ini dengan lebih meriah lagi ".Ungkapnya 

Sementara itu Yosep Maria Slamet Suwarso. Spd. Ketua RW 02 Bujel Memaparkan "Kami akan selalu exist memeriahkan peringatan Ulang Tahun Kemerdekaan RI setiap Tahun, yang sebelumnya kami awali dengan agenda Malam Tasyakuran dan mengadakan Lomba lomba yang menarik sebagai wujud bangganya kita sebagai warga negara Indonesia," Akunya 

Dengan semangat gotong royong bersama warga sekitar,setiap warga kita himbau untuk bisa mengikutinya,agenda kegiatan tahunan ini,dengan Harapan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya Gotong royong membangun sinergi untuk menuju Nusantara Baru,Indonesia Maju di Tahun 2024.Ungkapnya 

Kami akan terus mengedukasi dan memberikan support pada Generasi Muda dan Karang Taruna betapa pentingnya Makna peringatan Hari Kemerdekaan ini dan agar tidak berhenti disini saja, agenda memeriahkan peringatan Kemerdekaan ini harus terus kita lestarikan dengan di dasari Gotong royong."Pungkasnya.

Ridlo salah satu Mahasiswa Fakultas IAIN Kota Kediri saat di konfirmasi Awak media mengaku Sangat senang sekali dapat di libatkan dalam agenda di kelurahan Bujel Tahun 2024. "Kami sangat Bangga dan senang bisa sinergi dengan masyarakat Bujel,Semangat Gotong Royong masyarakat sekitar telah mengedukasi kami sebagai Mahasiswa untuk bisa support acara peringatan Upacara Kemerdekaan ini dan juga memberikan wacana, bahwa sangat pentingnya nilai - nilai  kesadaran Gotong Royong untuk melestarikan budaya dan mengenang jasa pahlawan yang mempertaruhkan jiwa raganya demi Kemerdekaan ini."Akunya  (rgl/red)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url