Risma Naik Becak Ziarah ke Makam Ronggalawe dan Sunan Bonang



Tuban,- Nuswantoro pos.com Bakal calon  gubernur Jawa Timur yang diusung PDI Perjuangan Tri Rismaharini melakukan ziarah ke Makam Ronggolawe dan Sunan Bonang, di Kabupaten Tuban, Selasa (17/9/2024).
Kunjungan Risma ke dua makam tersebut tujuan bentuk penghormatan dan refleksi terhadap sejarah dan budaya lokal.

Di Makam Ronggolawe, seorang pahlawan yang dikenal karena perjuangannya melawan penjajahan, Risma melakukan doa bersama dan menaburkan bunga sebagai tanda penghormatan.

"Menghormati sejarah dan pahlawan adalah bagian penting dari menjaga identitas dan semangat perjuangan bangsa," kata Risma.

Mantan Menteri Sosial itu pun melanjutkan kunjungannya ke Makam Sunan Bonang. Lokasinya tak jauh dari Makam Ronggolawe.
Dalam perjalanan ke Makam Sunan Bonang, Risma menumpangi becak. Warga surprise melihat kehadiran dia. Banyak di antara warga yang meneriakkan, "Bu Risma, Bu Risma.. Sehat selau Bu Risma,”.

Menurut catatan sejarah, Sunan Bonang adalah salah seorang dari Wali Songo yang terkenal dengan dakwahnya yang membawa banyak perubahan positif di Jawa.
Di kompleks Makam Sunan Bonang, Risma ziarah ditemui oleh juru kunci makam atau petugas yang mengurus area tersebut.

Mereka sering memberikan informasi tentang sejarah dan makna ziarah, serta panduan tentang tata cara ziarah yang sesuai. Risma juga diberi hadiah buku berjudul, Sunan Bonang, Wali Sufi, Guru Sejati karya H. Ahmad Mundur dan Nurcholis.

"Nanti tidak bisa masuk semua karena tempatnya terbatas," ujar juru kunci Makam Sunan Bonang, sebelum melakukan ziarah.
Risma mengaku kagum dengan kontribusi Sunan Bonang dalam penyebaran agama Islam dan kebudayaan di Indonesia.

Selain sebagai penghormatan, ziarah ini juga diharapkan dapat memperkuat kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan nilai-nilai sejarah dan budaya lokal. (Met)
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url